2.Siapa yang Membutuhkan Manajemen dan Mengapa Manajemen dinutuhkan
Manajemen
dibutuhkan oleh semua orang,kelompok,ataupun organisasi untuk mengatur
,merencanakan segala hal untuk dapat hasil yang baik di kemudian.Untuk
mencapai tujuan tersebut, manajer perlu menjaga keseimbangan antara
tuntutan yang bertentangan dari para pemangku kepentingan organisasi. Stakeholders
adalah semua orang, yang memiliki saham dalam keberhasilan organisasi,
termasuk karyawan, pemilik, pelanggan, kreditur dan lain-lain. Pemilik
mencari pengembalian yang memuaskan atas investasi mereka, karyawan
yang ingin membayar baik dan kondisi kerja yang nyaman, manajemen juga
harus menyenangkan pelanggan, karena tanpa mereka perusahaan akan
memiliki tujuan kecil, kreditur, pemasok, asosiasi perdagangan juga
harus dipertimbangkan. Jadi, manajemen harus menyeimbangkan kepentingan kelompok yang berbeda.
Manajemen juga dibutuhkan untuk mencapai efisiensi dan efektifitas. Efisiensi adalah kemampuan untuk mendapatkan hal-hal yang dilakukan dengan benar. Seorang
manajer yang efisien adalah orang yang mendapat output lebih tinggi
relatif terhadap input (tenaga kerja, bahan, uang, mesin dan waktu). Efektivitas adalah kemampuan untuk memilih tujuan yang paling cocok dan langkah-langkah yang tepat untuk mencapainya. Artinya, manajer yang efektif pilih hal yang benar untuk dilakukan dan metode yang tepat untuk membuat mereka dilakukan.
Manajemen adalah proses mengelola orang. Setiap manajer memiliki beberapa fungsi. Ia melakukan perencanaan, pengorganisasian, memimpin dan mengendalikan. Perencanaan
adalah memilih misi organisasi, dan kemudian menentukan program
tindakan (program, proyek, metode, sistem, strategi) untuk mencapai
mereka. Semua
fungsi lain tergantung pada yang satu ini, karena mereka tidak bisa
berhasil tanpa suara, perencanaan menyeluruh dan pengambilan keputusan.
Pengorganisasian menentukan apa sumber daya dan alternatif yang
diperlukan dan juga delegasi otoritas kepada karyawan, yang untuk
melaksanakan instruksi manajer.
Rencana dan organisasi tidak berguna tanpa fungsi terkemuka. Memimpin semakin karyawan untuk melakukan hal-hal manajer ingin mereka lakukan. Oleh karena itu, kualitas pemimpin, gaya dan kekuasaan sangat penting. Fungsi ini dapat dilakukan dengan cara tatap muka atau melalui perintah tertulis dan uraian tugas.
Semua fungsi sebelumnya tidak efektif tanpa yang terakhir-mengendalikan. Pengendalian adalah cara meyakinkan bahwa tindakan yang direncanakan benar-benar dilakukan. Bentuk kontrol pada umumnya digunakan oleh para manajer adalah inspeksi, laporan kemajuan dan laporan keuangan. Sekali lagi, kontrol yang efektif tidak dapat dilakukan tanpa perencanaan yang berhasil, mengorganisir dan memimpin.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar