Jumat, 10 Mei 2013

WAWASAN NUSANTARA


1.       Jelaskan pengertian wawasan nusantara!

jawab:



Wawasan nusantara adalah cara pandang dan sikap bangsa indonesia terhadap lingkungannya dengan mengutamakan persatuan dan kesatuan wilayah dalam penyelenggaraan kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.

2.jelaskan perbatasan negara indonesia dengan negara tetangga?

jawab:




Indonesia mempunyai perbatasan darat dengan tiga negara tetangga, yaitu Malaysia, Papua Nugini dan Timor Leste. Sementara perbatasan laut dengan sepuluh negara tetangga, diantaranya Malaysia, Singapura, Vietnam, Filipina, Papua Nugini, Timor Leste, India, Thailand, Australia, dan Palau.

3. indonesia sebagai negara kepulauan, jelaskan arti kepulauan bagi negara indonesia

jawab:



Kepulaan menurut bangsa indonesia adalah suatu negara dengan berbagai macam pulau yg tersebar dengan kebudayaan yang bermacam-macam namun tetap satu. Yang melambangkan suatu kesatuan negara RI dengan berlandaskan suatu istilah Bhineka Tunggal Ika yang ditulis dalam buku Sutasoma karya Mpu Tantular.

4.sebutkan propinsi yang ke-34 dari negara indonesia, serta jelaskan asal usulnya !

jawab:

Pulau ke-34 adalah Kalimantan utara yang asal usul terbentuknya saat disahkan dalam rapat paripurna DPR pada tanggal 25 Oktober 2012 berdasarkan  Undang-undang Nomer 20 tahun 2012.

5.jelaskan mengapa suatu pulau bisa diklaim / hilang dari wilayah negara tersebut!

jawab:


a. Hilang secara fisik disebabkan proses geologis, seperti abrasi dan rekayasa manusia yang dapat menenggelamkannya. Salah satu pulau yang perlu mendapatkan perhatian karena proses alam ini adalah Pulau Nipah di Selat Singapura. Walaupun abrasi merupakan sesuatu yang bersifat alami tetapi kegiatan manusia dapat mempercepat proses tersebut. Dalam konteks Pulau Nipah, kegiatan penambangan pasir laut yang berlebihan di perairan Riau merupakan penyebab utama hampir tenggelamnya pulau tersebut.

b. Hilang secara kepemilikan. Sebuah pulau dapat hilang karena perubahan status kepemilikan. Perubahan status kepemilikan ini dapat terjadi karena pemaksaan dengan kekuatan militer, maupun sebagai akibat proses hukum. Contoh dari kasus pertama adalah kepemilikan Falklands Island oleh Inggris, sedangkan contoh kasus kedua adalah kepemilikan Pulau Sipadan dan Ligitan oleh Malaysia.

c. Hilang secara pengawasan. Dengan jumlah  yang  mencapai tujuh belas ribu pulau lebih, sebuah pulau dapat saja luput dari kontrol atau pengawasan pemerintah. Terlebih, apabila "posisi" pulau tersebut lebih dekat ke negara lain  dibanding ke Indonesia. Tanpa pengawasan, pulau-pulau terluar dapat saja dimanfaatkan oleh masyarakat atau bahkan pemerintah negara yang berbatasan untuk berbagai kegiatan, misalnya, pariwisata, proyek perikanan, perkebunan bahkan pembangunan secara fisik. Pulau Batek, Pulau Fani, Pulau Fanildo dan Pulau Dana merupakan contoh pulau yang memiliki kerawanan kedatangan aparat Timor Leste ke pulau tersebut yang memang sangat dekat jaraknya (sekitar 5,75 Nm) dari distrik satelit Timor Leste,Oecussi.

d. Hilang secara sosiologis. Hal ini biasanya diawali oleh praktik ekonomi masyarakat di pulau tersebut, yang diikuti dengan interaksi sosial (perkawinan) dari generasi ke generasi, sehingga terjadilah perubahan struktur ekonomi maupun struktur populasi penduduk dipulau tersebut. Pulau Marore dan Pulau Miangas di kepulauan Sangir Talaud merupakan contoh, manakala pendatang dari Pilipina secara perlahan mulai merubah struktur sosial dan ekonomi masyarakat setempat. Saat ini penduduk di kedua pulau itu secara kebangsaan memang menjadi warga negara Indonesia, namun secara sosial ekonomi mereka "tidak berbeda" dengan warga Filipina. Dan, bilamana pada suatu saat disuruh memilih,  mereka bukan tidak mungkin lebih memilih bergabung dengan Filipina ketimbang tetap menjadi bagian NKRI.Hal ini tidak saja disebabkan oleh rasio penduduk asli yang lebih kecil dibanding dengan pendatang, namun juga dipicu oleh faktor kedekatan psikologis (ikatan keluarga turun-temurun) dan ekonomis(kegiatan ekonomi sehari-hari lebih didominasi dengan barang dan mata uang Filipina).



sumber :
http://savindra.wordpress.com/2011/04/04/wawasan-nusantara-tugas-softskill-ke-3/
http://www.geomatika.its.ac.id/lang/id/archives/774
https://id.wikipedia.org/wiki/Kalimantan_Utara#cite_note-1

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar